Sabtu, 07 Januari 2012

Tablet PC seharga 400 Ribuan Untuk Kalangan Pelajar

Selama ini bila kita melihat harga PC tablet yang berada di pasaran paling tidak harganya rata rata di atas angka Rp 3 juta an, namun kini bagi mereka yang ingin memiliki PC tablet, namun tidak memiliki uang relatif tidak banyak , tak perlu merasa ragu untuk mendapatkan PC tablet.

Proyek "$35 tablet" yang beberapa waktu lalu sempat diberitakan untuk menciptakan sebuah tablet PC murah untuk pelajar akhirnya terselesaikan berupa wujud tablet itu sendiri bernama Aakash. Aakash ( dalam bahasa Hindi berarti Langit ) adalah tablet Android 2.2 Froyo dengan layar 7 inci jenis resistit, kenapa masih resistif? Ya karena mungkin karena harganya sangat murah yakni cuma dibanderol $46 saja (kurang lebih Rp 400.000) ia tidak memakai layar kapasitif.

Tablet PC Android murah tersebut di buat oleh Datawind, dan dibanderol dengan harga hanya 2500 rupee (Rp. 430 ribu). Tablet yang dicanangkan sebagai media pendukung dunia pendidikan di India. Dikabarkan bahwa tablet ini sudah terjual 1,4 juta unit sejak mulai diluncurkan pada 14 Desember lalu.

 
Tablet Android termurah buat pelajat, tablet Froyo dibawah sejuta, tablet murah, Aakash, tablet PC sangat murah

Tablet PC Aakash menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo dan layar sentuh 7 inci resistif. Meski prosesornya hanya berkecepatan 366 MHz namun Aakash memiliki GPU dedicated dengan RAM sebesar 256 MB.

Aakash juga menyediakan media penyimpan sebesar 2GB yang bisa ditambah melalui slot microSD dan dua port USB. Tablet PC ini ditenagai baterai 2100 mAh sehingga Aakash akan bisa bertahan 2 hingga 3 jam sejak diisi ulang penuh. Untuk surfing di dunia maya, Aakash mengandalkan WiFi.

Tablet Android termurah buat pelajat, tablet Froyo dibawah sejuta, tablet murah 500 ribuan, Aakash, tablet PC sangat murah
Perusahaan pembuat Aakash berjanji pada November mendatang akan ada versi Aakash dengan prosesor 600 MHz seharga $60 atau kurang lebih Rp. 500.000,- (masih cukup murah bukan?).

Kedua versi Aakash dikabarkan memiliki garansi penuh selama 12 bulan alias setahun. Disamping memiliki kelebih dengan harga sangat murah, tetapi kelemahan dari tablet ini adalah ia tidak memiliki akses ke Android Market.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar