Sabtu, 14 Januari 2012

Panduan Perencanaan Karir | Pengertian Karir dan Jabatan |

Kali ini saya akan membahas apa itu karir? serta bagaimana tinjauan perencanaan karir yang kita akan jalani kedepannya. Tanpa a-i-u-e-o, mari kita check it out.

Banyak orang menggunakan kata pekerjaan, jabatan, dan karir yang dimaksudkan memiliki arti yang sama. Mungkin saja Andapun bermaksud demikian. Tetapi hal ini dapat menimbulkan kebingungan dan kesalahpahaman, terutama sekali apabila anda mengambil keputusan yang bermakna bagi kehidupan masa depan anda.

Untuk menghindari kesalahpahaman mengenai arti hal tersebut dibawah ini akan dikemukakan beberapa pendapat.

Menurut pendapat Gerald R.Sankey dalam artikelnya yang berjudul : "Career Education : What It Is Not and Migh Be", mengemukakan bahwa : "Karir dan Jabatan adalah merupakan istilah yang tidak sinonim. Istilah jabatan dipakai secara bersama yang seringkali digunakan secara bersamaan atau secara bergantian dengan istilah karir. Misalnya John telah memilih kedokteran gigi sebagai karir masa depannya atau John telah memilih kedokteran gigi sebagai jabatan masa depannya”.


Super, dalam artikelnya “Career Education and The Meaning Of Work”, mengungkapkan bahwa : “Istilah karir seharusnya didefinisikan sebagai suatu rangkaian peranan dalam kehidupan di mana jabatan adalah manunggal dengan setiap individu”.

Susan Sears, dalam bukunya “Definition of Career Guidance Terms : A National Vocational Guidance Association Perspective”, merumuskan pengertian pekerjaan, jabatan, dan karir sebagai berikut :

Pekerjaan, ialah suatu kelompok posisi yang serupa yang memerlukan beberapa perlengkapan serupa dalam suatu organisasi tunggal. Jabatan, ialah suatu kelompok pekerjaan yang serupa yang ditemukan dalam bermacam-macam organisasi. Karir, ialah seluruh pekerjaan yang dikerjakan sepanjang hidup (seumur hidup).

Mary Collins, Dave Studd, dan John Wallace, dalam bukunya yang berjudul “Making Career DecisionsPart I dan II,” mengemukakan :

Pekerjaan, ialah suatu posisi pekerjaan yang dibayar dalam suatu organisasi tunggal yang meliputi tugas-tugas dan tanggungjawab khusus. Jabatan, ialah suatu kelompok pekerjaan yang serupa yang ditemukan dalam bermacam-macam organisasi.

Karir, ialah istilah yang dikaitkan dengan peranan yang anda mainkan dalam kehidupan anda, dalam keadaan mana terutama terjadi peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian dalam kehidupan anda. Seluruh rangkaian peranan dan pengalaman kerja seseorang menempati seluruh kehidupannya. Karir termasuk pendidikan yang diterima sekolah, pendidikan lanjutan, pekerjaan, kegiatan waktu luang, pekerjaan sukarela, dan sebagainya.

Dengan demikian jelaslah bahwa istilah pekerjaan, jabatan, dan karir memiliki makna yang berbeda, yaitu :
Pertama-tama kata “pekerjaan” adalah dipergunakan bersangkut paut dengan kedudukan atau posisi yang dipegang seseorang dalam perusahaan, pabrik, lembaga atau organisasi. Mengajar Biologi pada SMA Harapan adalah suatu contoh dari pekerjaan.

Kata “jabatan”, adalah dipergunakan berkenaan dengan suatu kelompok pekerjaan yang sama atau serupa. Mengajar di Sekolah Dasar adalah salah satu contoh dari jabatan.
Sedangkan kata “karir”, adalah dipergunakan bersangkut paut dengan jalan yang ditempuh seseorang selama ia/dia bergerak maju menelusuri kehidupan. Karir seseorang dapat mencakup bermacam-macam pekerjaan dan sejumlah jabatan yang berbeda. Sekarang sudah jelas kan perbedaan antara KARIR dan JABATAN.

Sekian tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar